Monday 1 April 2013

Mammografi



Mammografi
Mammografi adalah pemeriksaan radiologi khusus menggunakan sinar-X dosis rendah  untuk mendeteksi kelainan pada payudara, bahkan sebelum adanya gejala yang terlihat pada payudara seperti benjolan yang dapat dirasakan. 
Apparatus mammografi.
Sytem Overview
¡        High output x-ray tube
¡        Bahan Anoda yang dual metal (Mo/W)
¡        SID 65 cm
¡        OPCOMP
¡        Detektor AEC yang mempunyai unjuk kerja yang tinggi
¡        OPDOSE






1.      Prosedur mammografi
a.       Selama prosedur, payudara ditekan dengan mesin mamografi khusus bahkan ke luar jaringan, untuk meningkatkan kualitas gambar, dan masih memegang payudara (mencegah gambar blur).
b.      Kedua sisi dan bagian gambar payudara diambil.
c.       Deodoran, bedak atau lotion ditampilkan pada sinar-X sebagai kalsium bintik-bintik.
Sampai beberapa tahun yang lalu, mamografi ini biasanya dilakukan dengan film layar kaset. Sekarang, mamografi sedang mengalami transisi ke digital detektor, yang dikenal sebagai Lapangan Kendali Digital Mammography (FFDM). Kemajuan ini adalah beberapa tahun kemudian dari pada umumnya radiologi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor :
¡        Tuntutan resolusi yang lebih tinggi dalam mamografi.
¡        Biaya alat yang naik secara signifikan .
¡        Fakta bahwa mamografi digital tidak pernah terbukti lebih unggul untuk film layar mamografi untuk diagnosis kanker payudara.
Karena resiko dari radiasi ionisasi, teknik yang meminimalkan dosis dan mengoptimalkan image quality adalah sangat esensial, yaitu:


¡        Perbaikan dari unjuk kerja alat x-ray
¡        Khususnya tabung sinar-x
¡        Alat pengkompress
¡        Grid anti scatter
¡        Photo timer





Gambar 1-5 merupakan gambar pengaturan yang dilakukan dalam proses mammografi.

1.      Menentukan apakah yang digunakan metoda digital atau dengan menggunakan film.
2.      Pengaturan yang ada dalam mammogram.
3.      Tabel objek mammografi
4.      Pengaturan kV manual.
5.      Pengaturan kV otomatis.


2.      Cathode & filament design.
1.      Jenis tabung sinar x mammography mempunyai dual filamen pada sebuah focusing cup yang menghasilkan nominal focal spot size 0,3 dan 0,1 mm.
·        Meminimalkan blurring geometric dan memelihara resolusi spatial penting untuk pendeteksian microcalcification .
2.      Space charge effect menyebabkan hubungan nonlinear antara arus filament dan arus tabung.

·        Rangkaian Feedback  meng adjust arus filament sebagai sebuah fungsi dari kV ke penyampaian arus tabung yang diinginkan.
3.      Anode Design
¨     Tabung X-ray mammographic menggunakan sebuah rotating anoda.
¨     Molybdenum adalah bahan anoda yang paling umum; rhodium dan tungsten juga digunakan.
¨     Jarak dari Sumber ke gambar/SID(source Image Distance) dari 65 cm memerlukan sudut anoda efektif kira-kira 20 º untuk menghindari penggal-an gambar untuk 24 x 30 cm bidang area.
¨     Kombinasi dari sudut anoda dan kemiringan tabung digunakan.
4.      Differential attenuation
¨     Attenuasi sinar-x yang kecil membedakan antara jaringan normal dan jaringan kanker didalam payudara membutuhkan penggunaan alat x-ray yang di rancang secara khusus untuk mengoptimumkan pendeteksian kanker payudara.
¨     Attenuasi yang berbeda antar jaringan yang paling tinggi adalah pada energi x-ray yang sangat rendah (10 sampai 15 KeV) dan yang paling jelek pada energi yang lebih tinggi (>35 keV).

¨     Energi x-ray yang rendah menyediakan differential attenuasi yang paling baik antar jaringan; penyerapan yang tinggi menghasilkan dosis jaringan yang tinggi dan waktu exposure yang panjang.
5.      Heel Effect
¨     Intensitas x-ray yang lebih rendah pada sisi anoda dari bidang pada SID yang pendek adalah nyata.
¨     Posisi katoda diatas dada dari pasien dan anoda diatas putting mencapai keseragaman yang lebih baik dari radiasi yang dipancarkan melewati payudara.
¨     Orientasi dari tabung dalam penunjukan ini juga menurunkan curahan alat dekat kepala pasien untuk posisi yang lebih mudah.
6.      Pertimbangan Focal Spot
¨     Range Focal spot sizes dari 0,3 samapi 0,4 mm untuk gambar nonmagnification (contact) dan dari 0,1 sampai 0,15 mm untuk penggambaran magnification


¨     Focal spot dan central axis adalah diposisikan diatas permukaan dada pada emage receptor edge.
¨      A reference axis, yang mana secara typically membagi dua bidang, digunaka untuk menentukan proyeksi focal spot size.
7.      Kualitas Berkas sebagai Pertimbangan
¨     Penyelidikan model computer menunjukkan bahwa energi x-ray yang optimal untuk mencapai kontras subjek yang tinggi dan dosis radiasi yang paling rendah akan menjadi sebuah berkas monoenergi dari 15 samapi 25 keV, tergantung pada komposisi dan ketebalan payudara.
¨     Energi x-ray yang optimal dicapai dengan menggunakan bahan target tabung x-ray yang specific dan ditambal bahan-bahan filter.
¨     Molybdenum dan rhodium digunakan untuk target.
Filtrasi
¨     Inherent filtration harus dijaga tetap rendah; beryllium (Z=4) digunakan untuk port tabung
¨     Filter tabung tambahan dari elemen yang sama sebagai target mengurangi energi x-ray yang rendah dan tinggi dalam spectrum dan membolehkan memancarkan energi karakteristik x-ray.


8.      Generator dan Phototimer
  • High-frequency generators adalah standar untuk system mammography.
  • Tidak seperti x-ray unit konvensional pada umumnya, detector AEC diletakkan dibawah kaset.
  • Aloritma Phototimer diambil kedalam perhitungan tehnik radiographic (kVp, target/filter) dan pd kasus dari waktu exposure yang diperpanjang,  kegagalan hukum timbale balik untuk mencapai densitas optikal film yang diinginkan dapat terjadi. Seluruh automatis AEC mengatur kV optimal dan filtration dari sebuah test pendek dari -100mdet.
9.      Collimation
Untuk tindakan mammography, ukuran bidang yg cocok dng ukuran kaset (adalah 18 x 24 cm atau  24 x 30 cm). Variable shutters pada beberapa sistem menggunakan bidang x-ray menjadi lebih tertutup dan dicocokan dgn volume payudara. Didalam prakteknya, luas area yang tidak ter-expose pada film dari collimation yang sempit membolehkan sebuah pecahan yang besar dari pancaran sinar bersebelahan ke anatomi payudara pada kotak cahaya dan dapat menghasilkan dalam kondisi yang tidak bagus.
10.   Proses Display

Proses display pada mammorafi dapat menggunakan film atau menggunakan digital imaging proses bergantung kepada alat pemroses gambar yang digunakan.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Infusion Pump

1.       Fungsi Alat Infusion Pump adalah perangkat medis yang digunakan untuk memberikan cairan kedalam tubuh pasien dalam jumlah bes...