Wednesday 8 April 2015

Mengenal Alat Fetal Doppler

I.NAMA ALAT

Fetal Doppler


Fetal Doppler Bistos HI•bebe™ LCD adalah salah satu Fetal Doppler Bistos HI•bebe™ yang dilengkapi dengan layar LCD. Dengan menggunakan teknologi layar LCD, hasil perhitungan rata-rata dan ritme detak jantung janin dapat diketahui dengan mudah hanya melihat dengan pada layar LCD.

Alat kesehatan ini dilengkapi dengan probe 2 MHz sehingga dapat menangkap suara detak jantung janin yang berumur 10 – 12 minggu.


II.SPESIFIKASI ALAT :

·         Frekuensi Ultrasound: 2 MHz

·         Intensitas: < 10 mW/cm2

·         Sensitivitas: Janin berumur 10 – 12 minggu ke atas

·         Jangkauan: 50 – 240 bpm

·         Akurasi: Kurang lebih 2% dari jangkauan

·         Dimensi: Bodi Utama: 75 x 128 x 26 mm dan Probe: 25 x 131 x 25 mm

·         Berat (Bodi Utama dan Probe): 200 gram

·         Power Supply: Baterai AA 1,5V x 2

·         PC Interface: Sound Card (menggunakan BCM 220 S/W

·         Kelengkapan Produk: Fetal Doppler Bistos HI•bebe™ LCD, Carrying Case, User’s Manual, Ultrasound Gel, dan 2 buah Baterai AA 1,5V



III.Fungsi

Mengetahui hasil perhitungan rata-rata dan ritme detak jantung janin dapat diketahui dengan mudah hanya melihat dengan pada layar LCD.













IV. Korelasi/Prinsip Kerja Alat Memanfaatkan Ilmu Fisika

Efek Doppler pada Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik juga mengalami efek Doppler, tetapi rumusannya berbeda dengan gelombang bunyi karena dua alasan:

1.   gelombang bunyi memmerlukan suatu medium agar dapat merambat

Untuk gelombang bunyi, yang berkaitan dengan gerak relatif adalah gerak sumber, pengamat, dan gelombang itu sendiri relatif terhadap medium perambatan. Untuk efek Doppler pada gelombang elektromagnetik, gerak relatif terhadap medium tidak berperan. Hal ini karena gelombang elektromagnetik tidak memerlukan medium perambatan. Gelombang elektromagnetik dapat merambat melalui vakum.

2.   pada gelombang elektromagnetik yang pentik hanyalah gerak relatif antara antara sumber gelombang dengan pengamatnya

Dalam efek Doppler untuk gelombang bunyi, kecepatan bunyi berperan penting dan kecepatan ini bergantung pada medium sebagai acuan. Misalnya, kecepatan bunyi terhadap acuan udara bergerak berbeda dengan kecepatan bunyi terhadap acuan udara diam. Kontras dengan gelombang bunyi, kecepatan rambat gelombang elektromagnetik memiliki nilai sama, baik diukur relatif terhadap pengamat bergerak maupun relatif terhadap pengamat yang bergerak dengan kecepatan tetap.

Ketika gelombang elektromagnetik, sumber gelombang, dan pengamat bergerak sepanjang garis lurus yang sama melalui vakum, maka untuk vrel <<>

fp = fs (+ vrel/c)



f= frekuensi yang di terima pengamat (Hz)

fs = frekuensi yang dipancarkan sumber gelombang (Hz)

vrel = kecepatan antara sumber dan pengamat saling relatif

c = kecepatan cahaya dalam vakum

No comments:

Post a Comment

Pengertian Infusion Pump

1.       Fungsi Alat Infusion Pump adalah perangkat medis yang digunakan untuk memberikan cairan kedalam tubuh pasien dalam jumlah bes...