Wednesday 8 April 2015

Alat ECG


1.    Fungsi pesawat
ECG RECORDER adalah suatu sinyal yang dihasilkan oleh  aktivitas listrik otot jantung. ECG ini merupakan rekaman informasi kondisi jantung yang diambil dengan memasang elektroda pada badan. Rekaman ECG ini digunakan oleh dokter atau ahli medis untuk menentukan kondisi jantung dari pasien, yakni untuk mengetahui hal-hal seperti frekuensi (rate) jantung, arrhytmia, infark miokard, pembesaran atrium, hipertrofi ventrikular, dll. Sinyal ECG direkam menggunakan perangkat elektro cardio graph.
2.      Teori dasar
   Pesawat Elektro Cardio Graph (ECG) merupakan perangkat diagnostik yang digunakan untuk mendeteksi pulsa listrik yang dibangkitkan oleh jantung atau mencatat pulsa  bioelektrik yang dihasilkan oleh jantung, sehingga kecepatan denyut jantung rata-rata (Heart Rate Per Bip) dapat dihitung dalam denyut permenit, dan juga dapat melihat kelainan irama jantung. Biasanya pesawat ini ditempatkan diruang-ruang yang strategis, seperti diruang gawat darurat (UGD), ruang bedah, di ruang rawat intensif (ICU / ICCU), dan ruang-ruang lain yang memerlukan pemantauan keadaan pasien secara langsung. Cara pesawat ini memonitor keadaan jantung pasien adalah dengan memasang elektroda-elektroda yang ditempatkan pada titik-titik tertentu pada permukaan kulit pasien. Elektroda-elektroda ini berfungsi sebagai penangkap sinyal aktivitas jantung, kamudian diperkuat sehingga dapat terlihat dilayar monitor atau terbaca pada kertas perekam (record paper).

4.  Persiapan perekaman
a.    Siapkan elektro cardio graph..
b.    Pasang kertas pada ECG.
c.    Pasang kabel catu daya pesawat pada stop kontak.
d.   Tekan tombol power pada posisi ON.
e.    Pilih sensitivitas dengan pemilihan posisi sensitivity selector pada posisi 0,5,1 atau 2.
f.     Sebelum proses perekaman dimulai arahkan lead selector pada posisi C (calibrasi) untuk mengkalibrasinya.
g.    Pilih selector RUN untuk menjalankan kertas.Setelah kertas berjalan tekan tombol 1mV pada lead selector.
h.    Jika memilih sensivitas 0,5 pastikan tinggi pulsa 5mm,sensitivitas 1 tinggi pulsa 10mm dan sensitivitas 2 tinggi pulsa 20mm.
i.      Jika tinggi pulsa tidak sesuai dengan sensitivitas yang dipilih maka aturlah pada sensivity adjuster dengan memutarnya menggunakan obeng.
j.      Jika garis pulsa tidak lurus atau miring maka aturlah pada damping adjuster.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Infusion Pump

1.       Fungsi Alat Infusion Pump adalah perangkat medis yang digunakan untuk memberikan cairan kedalam tubuh pasien dalam jumlah bes...